21 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Jusuf Manggabarani, Jenderal Kebal dari Makassar


Jusuf Manggabarani, Jenderal Kebal dari Makassar
Jusuf Manggabarani

KLIKTENGGARONG - Jusuf Manggabarani, mantan Wakil Kepala Polri ternyata memiliki ilmu kebal. Jenderal berdarah bugis ini memang dikenal pemberani, tidak mengenal takut apalagi dalam menjalankan tugas. Dikutip dari buku 'Jusuf Manggabarani Cahaya Bhayangkara' karya Nur Iskandar, diceritakan bahwa Jenderal kelahiran Makassar 11 Februari 1953 ini, pernah mengalami sebuah kejadian, dia pernah ditembak, tapi peluru justru berjatuhan, tidak mengenai dirinya.

Peristiwa itu, tepatnya terjadi di Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Pria yang sering disapa Puang Oca ini, dihadapkan dengan kelompok preman Palopo yang terkenal sering membuat kekacauan. Kelompok preman itu diketuai oleh Sukri yang sudah 16 tahun “berkuasa”.  Sukri dikenal pemberani dan tak ada satu pun polisi berani menerima tantangannya untuk baku tembak dari jarak dekat. Jusuf Manggabarani menerima tantangan Sukri tersebut.

Saat itu dia berpangkat komisaris besar (Kombes). Dengan naik trail dan pakaian Brimob, Jusuf menyelempangkan senjatanya. Dia tancap gas membelah jalan raya menuju Mangkutana. Sampai di lapangan, Sukri sudah menunggu dengan senjata rakitan Pa'Poro. Jarak tembak maksimum 45 meter. Keduanya pun bersiap melepaskan timah panas. Hidup atau mati tergantung nasib.

Anak buah Jusuf diam-diam ikut. Sukri juga ditemani para loyalisnya. Lalu Jusuf membuka kancing bajunya. Ditunjuk dadanya sebagai sasaran tembak.

"Terserah kamu mau tembak bagian mana yang enak-enak," tantangnya, dikutip merdeka.com dari buku 'Jusuf Manggabarani Cahaya Bhayangkara' karya Nur Iskandar.



Reporter : Klikbalikpapan    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0