21 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Perkenalkan Si Tiny, Orangutan Paling Cerdas di Kukar


Perkenalkan Si Tiny, Orangutan Paling Cerdas di Kukar
Tiny. (Foto-foto: Istimewa)

KLIKTENGGARONG - Tingkah dan pola pikir orangutan kadang serupa manusia. Di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), seekor di antaranya punya kemampuan demikian.

Tiny namanya. Orangutan satu ini dianggap paling cerdas di Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) yang terletak di Desa Samboja.

Tiny merupakan seekor orangutan betina yang tidak memiliki orangtua alias yatim piatu. Tiny ditemukan sendiri dan akhirnya diselamatkan di BOSF. 

Tiny sempat tinggal di Pulau 6 --pulau buatan yang dihuni para betina dan anak-anak orangutan. "Dia paling pintar dibanding orangutan lainnya, akalnya cerdas!" ujar Agus Haryadi, seorang pemandu wisata, seperti dikutip KlikTenggarong di salahsatu laman online nasional.

Sebagai informasi, pulau buatan ini sejatinya dikelilingi oleh sungai buatan. Nah, para pengurusnya selalu menggunakan perahu saat ingin memberi makan orangutan di sana. Dengan begitu, mereka akan berpikir bahwa sungai itu dalam dan tidak bisa dilewati begitu saja.

Semua orangutan di sana mengerti konsep itu. Makanya mereka tidak berusaha melewati sungai buatan. Sayangnya, hal itu tidak berlaku bagi Tiny. 

Menurut Agus, Tiny bisa mengambil batang pohon dan mencelupkannya ke air. Ketika batang telah mengenai dasarnya, Tiny jadi tahu sedalam apa sebenarnya sungai buatan tersebut.

Selanjutnya, Tiny memberanikan diri melewati air, sambil memasukkan batang lagi ke air sebelum melanjutkan langkahnya. Akhirnya, sungai buatan itu pun berhasil dilewati.

Kata Agus, Tiny telah melakukan hal ini berkali-kali. Namun untungnya, Tiny tidak pergi jauh. Tiny keluar pulau hanya karena penasaran. Itupun perginya tidak jauh. "Tiny kembali lagi, karena dia tahu di mana makanannya berada," ujar Agus. (*)

Reporter : Rika    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0