21 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Wah, di Kukar Ada Orangutan yang Suka Difoto


Wah, di Kukar Ada Orangutan yang Suka Difoto
Ical saat berpose ketika difoto. (Foto-foto: Istimewa)

KLIKTENGGARONG - Hewan liar biasanya tidak suka dengan kehadiran manusia. Tapi tidak di tempat ini; Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF). Letaknya di Desa Samboja, Kutai Kertanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim).

Menariknya, di sana, ada seekor orangutan yang punya perilaku 'aneh'. Yakni suka difoto. Ical --nama Pongo Pygmaeus itu-- menjadi hewan yang paling narsis.

Ical sudah 'sadar kamera' sejak masih balita. Tepatnya ketika berumur 3,5 tahun. Di sana, Ical selalu berdua dengan ibunya bernama Imut. Berdua mereka hidup di Pulau 6 --pulau buatan di BOSF untuk tempat tinggal orangutan.

Setiap melihat rombongan manusia, Ical yang biasanya berada di atap bungalow, perlahan turun ke bawah dan bermain dengan tali. Ical lalu berguling-guling dan menatap langsung para manusia.

Tingkah aktif Ical ini pun diaminkan oleh sang pemandu. "Ical ini memang yang paling banyak eksyen," ujar Agus Haryadi, seperti dikutip KlikTenggarong dari salahsatu laman online nasional.

Senang menjadi pusat perhatian kamera, Ical langsung berpose dengan banyak gaya. Mulai dari duduk, hingga seakan meminta sesuatu.

 

Tak heran jika hampir semua pengunjung akan membidikkan kamera ke Ical. Sementara sang ibu tetap duduk di dalam atap bungalow sambil terus mengawasi Ical.

Ical dan Imut adalah salahsatu penghuni yang tinggal di sana. Di Pulau 6 ini, penghuninya hanyalah para betina yang sedang memiliki bayi. Mereka hidup di pulau buatan yang dikelilingi oleh sungai kecil --yang juga buatan manusia.

Pulau di dalam area BOSF ini berfungsi untuk melindungi orangutan yang dipelihara secara ilegal oleh penduduk, dan dieksploitasi oleh orang tidak bertanggung jawab seperti di sirkus. (*)

Reporter : Rika    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0