21 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Wah, Pemkab Kukar Kalah Dipersidangan MA dengan Jatam Kaltim


Wah, Pemkab Kukar Kalah Dipersidangan MA dengan Jatam Kaltim
Kondisi pertambangan di Kukar. (Foto: Ist)

KLIKTENGGARONG - Gugatan Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kalimantan Timur (Kaltim) terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), dikabulkan Mahkamah Agung (MA).

"Menolak permohonan kasasi Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kutai Kertanegara (Distamben Kukar, Red.)," demikian putus Majelis Kasasi sebagaimana dilansir laman resmi MA.

Duduk sebagai majelis kasasi yaitu Hakim Agung Yulius dengan Anggota Hakim Agung Yosran dan Hakim Agung Is Sudaryono. (Baca juga: MA Perintahkan Pemkab Kukar Buka Data Perusahaan Tambang)

Dalam putusan yang diketok pada 2 Februari 2016 itu, MA menyatakan data perusahaan yang diminta terkait kepatuhan pengelolaan lingkungan hidup bukan data yang harus dirahasiakan.

"Berdasarkan UU (undang-undang, Red.) tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, setiap warga negara berkewajiban aktif ikut berpartisipasi untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup yang sehat untuk bangsa dan negara, baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang. Berdasarkan pasal 65 UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, setiap warga
negara berhak untuk mendapatkan lingkungan hidup yang sehat," putus majelis dengan suara bulat. (*)

Reporter : Bunga Aviria    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0