19 Januari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

54 Panwascam Kukar Resmi Dilantik


54 Panwascam Kukar Resmi Dilantik
Proses pengambilan sumpah anggota Panwascam di ballroom Hotel Grand Elty Rabu (18/10/18) kemarin

KLIKTENGGARONG.COM- Sebanyak 54 Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang bakal bertugas di pemilihan gubernur (Pilgub) Kaltim 2018 mendatang, resmi dilantik di ballroom Hotel Grand Elty, Rabu (18/10/17) kemarin.

Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kukar, M Rahman menjelaskan, proses penjaringan ke-54 Panwascam ini telah dilaksanakan selama 34 hari. Tepatnya sejak 11 September hingga 14 Oktober 2017.

Disebutkan, jumlah pendaftar dari 18 kecamatan di Gerbang Raja sebanyak 218 orang. Namun, yang lolos verifikasi administrasi hanya 181 peserta dan 72 orang kembali gugur saat tes tertulis.

“Dari tes tertulis tersisa 109 orang. Tapi yang lulus seluruh tes hanya 54 orang,” paparnya.

Menurutnya, proses penjaringan anggota Panwascam kali ini lebih ketat dari tahun sebelumnya agar anggota yang terpilih merupakan seseorang yang berkompeten untuk mengemban pekerjaannya.

Ia mengungkapkan, banyak mantan Panwaslu 2015 tidak lolos ter tertulis dan wawancara. Saat proses wawancara, pihaknya tidak hanya mengukur kesiapan secara mental, tetapi pengetahuan dan keseriusan peserta mengawal jalannya pemilihan kepala daerah Bumi Etam.

“Pemilihan umum tahun depan itu akan rumit, karena pemilihan gubernur dan DPRD tahapannya bersamaan. Sekitar 60 persen ini orang baru semua. Panwascam lama itu cuma ada 1 orang setiap kecamatan,” ujarnya.

Untuk diketahui, acara pengambilan sumpah dan pembacaan fakta integritas tersebut dihadiri Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekretaris Daerah Marli, Kejari Kukar Kasmin, Bawaslu Kaltim, perwakilan Kodim 0906 Tenggarong, Polres Kukar, serta beberapa Camat di Kukar. (*)

Reporter : Zaenul Fanani Umar    Editor : Nur Aisyah Nawir



Comments

comments


Komentar: 0