17 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Politisi Pekerja Keras dari Pesisir Balikpapan


Politisi Pekerja Keras dari Pesisir Balikpapan
Mukmin Faisyal

KLIKTENGGARONG.COM - Mendiang Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal adalah gambaran pejabat yang merintis karir politik dari bawah. Memulai perjalanan sebagai Lurah Manggar Baru hingga menjadi Wakil Ketua DPRD Balikpapan. 

Mukmin muda adalah seorang pegiat aktif. Dia tercatat telah aktif berorganisasi sejak tahun 1970-1973 sebagai Koordinator Nelayan Golkar Wilayah Balikpapan. Rekam jejaknya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dimulai sebagai Staf Bagian Personalia Kantor Walikota Balikpapan.

Karir politik Mukmin ditempa oleh Golkar. Perkenalannya dengan Golkar dimulai pada Pemilu 1977. Ketika itu, Mukmin menjadi salah satu penghubung untuk Golkar Balikpapan. 

Langkah awal itu kemudian membimbingnya masuk di pengurusan Angkat Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Mukmin menjabat sebagai wakil ketua DPD AMPI Balikpapan periode 1977-1979. 

Perjalanan panjangnya sebagai kader Golkar menghantarkan Mukmin sebagai wakil walikota Balilkpapan, berpasangan dengan Imdaad Hamid. Periode berikutnya, Mukmin mulai menapak karir di provinsi sebagai legislatif. Di periode pertamanya, Mukmin langsung duduk sebagai ketua DPRD. 

Penurunan kesehatan Mukmin mulai terjadi ketika mantan Ketua KKSS Balikpapan itu berkiprah di provinsi. Kesehatannya menurun karena kelelahan usai menjalani sejumlah sosialisasi panjang. Mukmin sempat terserang stroke yang membuatnya harus menggunakan alat bantu berjalan sejak pertama menjabat di DPRD Kaltim. 

Pada 2013, Golkar yang mengusung Awang Faroek Ishak sebagai gubernur Kaltim menyorongkan Mukmin sebagai wakil. Pasangan yang didukung sejumlah partai besar itu menang. 

KLIK JUGA: Wakil Gubernur Mukmin Faisyal Tutup Usia

Kondisi kesehatan Mukmin terus menurun sejak beberapa bulan terakhir. Pertengahan Oktober lalu bahkan sempat beredar kabar bahwa Mukmin yang ketika itu dirawat di RSKD Balikpapan menghembuskan nafas terakhirnya. Kabar hoax itu bahkan disertai dengan video. Keluarga Mukmin langsung membantah kabar tersebut. 

Politisi pekerja keras dari pesisir Balikpapan itu kini telah berpulang. Mukmin menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Jakarta sekira pukul 06.00 WIB. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka Jalan Krapu RT 23 No 1, Manggar, Balikpapan. (*)

 

Reporter : Putri    Editor : Nur Aisyah Nawir



Comments

comments


Komentar: 0