21 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Eksklusif Berita Rekomendasi

Kaltim di Antara Dua Kontes Kecantikan


Kaltim di Antara Dua Kontes Kecantikan

LIDAH Senk Lotta terpeleset. Beberapa kali, bahkan. Di atas red carpet final pemilihan Miss Indonesia, model kondang asal Uzbekistan, itu menyebut event yang dihadirinya adalah Putri Indonesia. Lotta Aleksandrovna Senk --nama lengkapnya-- kemudian
buru-buru mengklarifikasi.

Kejadian di atas terekam dua tahun lalu, tepatnya Kamis 21 Februari 2013 di Hall D2 J I Expo Kemayoran, Jakarta. Insiden yang bukan sekali dua pernah terjadi. Pertanyaan "apa sih bedanya pemilihan Miss Indonesia dan Putri Indonesia?" memang sangat
sederhana. Tapi nyatanya, masih banyak salah paham, salah mengerti, bahkan salah ucap.

Putri Indonesia sebenarnya sudah lebih dulu eksis, yakni sejak 1992 oleh Yayasan Putri Indonesia. Sementara Miss Indonesia baru diselenggarakan 2005.

Sponsor utama Putri Indonesia adalah Mustika Ratu --sebuah perusahaan kosmetik milik
Moeryati Soedibyo. Sedangkan Miss Indonesia disponsori Sari Ayu Martha Tilaar --milik pengusaha kosmetik Marta Tilaar.

Nah, untuk Putri Indonesia hak siar dipegang oleh Indosiar. Sedangkan Miss Indonesia dipegang Media Nusantara Citra atawa MNC Group --khususnya Rajawali Citra Televsi (RCTI).

Parameter penilaian kedua ajang ini juga berbeda. Putri Indonesia menerapkan parameter penilaian 3 B; Brain (kecerdasan), Beauty (penampilan menarik), dan Behavior (berperilaku baik). Miss Indonesia menggunakan istilah berbeda tapi dengan makna serupa. Yakni Manner, Impressive, Smart, Social, atau disingkat MISS.



Reporter :     Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0