22 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Yuk Simak 8 Khasiat Tomat untuk Kecantikan


Yuk Simak 8 Khasiat Tomat untuk Kecantikan

KLIKTENGGARONG.COM- Beragam manfaat dapat kita rasakan saat mengonsumsi tomat. Para ahli menyebutkan bahwa mengonsumsi tomat ternyata tidak hanya membantu menjaga kesehatan kulit, tapi juga berfungsi sebagai antioksidan, dan mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.

Ahli Kesehatan asal India, Sonia Narang, dan Ahli Gizi India, Mehar Rajput, menyebutkan beberapa manfaat tomat yang dapat dirasakan oleh tubuh. Berikut ini manfaat tomat yang dilansir dari laman Indiatoday.

1. Tomat sebagai sumber vitamin C, vitamin K, zat besi, folat, potasium dan nutrisi lainnya. Satu tomat setara dengan 22 kilokalori (kkal), nol gram lemak, lima gram karbohidrat, satu gram serat, satu gram protein, dan lima gram sodium.

2. Tomat mengandung antioksidan yang disebut lycopene, yang tidak hanya memberi warna merah, tapi juga memberi manfaat kesehatan yang luar biasa. Seperti menurunkan kolesterol, memperbaiki penglihatan dan mencerahkan kulit.

3. Tomat pun dapat memberikan manfaat baik untuk kulit, wajah dan rambut Anda, karena tomat mengandung semua bentuk karotenoid utama, seperti alpha-beta carotene, lutein dan lycopene. Dari jumlah tersebut, lycopene mengandung sifat antioksidan tertinggi, yang merupakan zat alami yang sangat baik, dan membantu mengecilkan pori-pori yang terbuka. Mengonsumsi makanan dengan kandungan lycopene yang tinggi, seperti tomat dapat mengurangi kerusakan kulit dari paparan UV-A.

4. Tomat pun dapat menghilangkan bintik hitam dari wajah Anda, dengan cara menggosokkan potongan tomat ke daerah kulit yang terdapat bintik hitam.

5. Tomat pun dapat memperbaiki kulit kusam, dengan menjadikannya sebagai masker. Anda cukup mengoleskan masker tersebut pada kulit kusam selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Selain memperbaiki warna kulit Anda, tomat ini pun akan membuat kulit Anda terasa lebih segar.

6. Tomat merupakan sumber yang baik untuk menghilangkan jerawat. Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K dan sifat asam tomat membantu mengurangi dan membersihkan jerawat di wajah Anda. Cukup oleskan tomat halus di wajah Anda selama 10 menit, kemudian cuci bersih.

7. Memakan tomat setiap hari dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi. Sebab, tomat memiliki potasium yang tinggi.

8. Tomat memiliki jumlah kalori yang rendah, sumber serat yang tinggi, dan indeks glikemik rendah. Tomat pun mengandung cukup banyak asam alfa-lipoat, yang merupakan salah satu antioksidan.(*)

Reporter : Aysah Idris    Editor : Nur Aisyah Nawir



Comments

comments


Komentar: 0