23 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Sekolah di Atas Bukit: Kisah Para Aktivis Lingkungan di Hutan Kaltim


Sekolah di Atas Bukit: Kisah Para Aktivis Lingkungan di Hutan Kaltim

KLIKTENGGARONG - Tiga puluh satu kisah tergurat di pedalaman Bumi Mulawarman. Pelakonnya adalah para aktivis The Nature Conservancy --sebuah organisasi nonpemerintah yang bergerak dibidang pelestarian lingkungan.

Di tangan Ahmad Fuadi --penulis best seller trilogi Negeri 5 Menara-- pengalaman mereka diwartakan dalam buku berjudul Sekolah di Atas Bukit. Pelbagai plot diangkat; riak kehidupan, kesulitan, adangan, tantangan, hasutan, dan rayuan pundi-pundi rupiah.

Fragmen-fragmen dari medio 2011 itulah yang dirangkum sedemikian rupa --dari sisi pelaku konservasi atau orang-orang yang terlibat.

Dibalik pergulatan menjaga alam Kalimantan Timur (Kaltim), diselipkan pula selarik momentum bagaimana mereka menjalani kehidupan sehari-hari bersama masyarakat setempat dari suku Dayak Gaai. Tak ketinggalan, ditulis pula deskripsi kekayaan alam Borneo yang memikat.

Dalam sebuah preview, sang penulis menyebut, buku bertema lingkungan yang dibalut dengan cerita merupakan langkah cerdas dalam memperkenalkan konservasi kepada khalayak.

Ya, strategi sekaligus tantangan yang paling tepat untuk memancing respon masyarakat adalah dengan cerita. Entah mediumnya adalah buku atau film, karya ini sedikit banyak telah menjawab tantangan itu.

"Masyarat Indonesia umumnya menyukai buku cerita ketimbang buku yang berkontenkan data," kata Ahmad Fuadi. (*)

Reporter : Rika    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0