26 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

2 Tahun Klik Bontang; Lahir untuk Berlari


2 Tahun Klik Bontang; Lahir untuk Berlari
Awak Klik Bontang berfoto bersama sebelum acara syukuran HUT KlikBontang ke-2 tahun.

PERJALANAN waktu kembali mengantarkan kami ke titik awal. Untuk kedua kalinya, tepat pada 6 Januari sejarah kami kembali berpulang. Genap 2 tahun sudah, klikbontang.com menyajikan beragam informasi yang bisa dikonsumsi kapanpun, dimanapun, tanpa meninggalkan kode etik jurnalistik. Karena menulis berita bukanlah soal estetika, ataupun keindahan bahasa. Tapi soal fakta.

Dua tahun berjalan di trek media lokal Kota Bontang, kami berusaha mengayunkan kaki dengan ritme lebih cepat. Berlari memberikan lebih banyak informasi dan juga inspirasi. Selama itu pula, pelopor media online konten lokal di kota gas dan kondensat ini berhasil merangkul 17ribu lebih pembaca tetap (Klikers). Sehingga memberikan kekuatan berpacu dengan waktu.

Kami lahir untuk berlari. Berlari menjelajahi bagian timur pulau Kalimantan. Klikbontang.com, klikbalikpapan.co, kliksamarinda.com, kliksangatta.com, kliktenggarong.com, klikpenajam.com, kliksendawar.com, klikberau.com, dan Majalah Timur. Hingga akhir tahun ini dan 2017, ekspansi kami ke kabupaten/kota dan provinsi lain bahkan sedang digagas.

Menjadi bagian dari upaya mencerdaskan melalui jurnalisme yang tajam, cerdas, berimbang dan menghibur, jadi visi yang harus dikejar agar tidak menjadi mimpi dalam tidur semata.

Dua tahun klikbontang.com, tentunya meninggalkan beberapa coretan untuk kami berbenah diri menampilkan yang lebih baik lagi. Kepercayaan menjadi amanah dan motivasi untuk terus menggerakan pena dengan sentuhan kreativitas, menyajikan informasi yang cepat, akurat dan berimbang.

Klik Bontang –pelopor media online pertama di Bontang sekaligus unit usaha pertama Klik Group menjadi salah satu elemen penting perjalanan Klik Group membangun basis media digital swasta pertama di Kaltim dalam bentuk jaringan antar kabupaten/kota.

Kisah sukses Klik Group–sebagai brand media– boleh jadi serupa dengan Steve Jobs; berawal dari sebuah garasi. Bedanya, garasi yang digunakan adalah bekas bengkel motor yang tak lagi beroperasi bertahun-tahun. Di tempat yang sempit dan pengap itulah, ihwal bisnis ini dirintis dari Kota Taman sejak 2014.

Di tempat kelahirannya, Klik Group didirikan oleh 9 anak muda yang telah banyak berkiprah di media cetak. Rata-rata mereka bekerja di media massa di atas 5 tahun. Sadar akan kebutuhan informasi dan perkembangan zaman, mereka kemudian memberanikan diri membangun Klik dengan platform utama sebagai multimedia.

Visinya tentu untuk memberikan pelbagai berita maupun video kepada masyarakat secara gratis lewat gadget/smartphone maupun desktop/computer. Ada anekdot yang menyebut siapa yang menguasai informasi maka dia yang menguasai dunia. Tapi hari ini kita bisa lihat faktanya, tidak semua informasi bisa dimiliki dan dinikmati dengan gratis. Celah kosong inilah yang kami anggap sebagai peluang bisnis.

Klik Bontang dan Klik Group sendiri, nuansa anak muda begitu terasa. Contoh kecilnya saja dari sumber daya manusia. Semua teman-teman di Bontang maupun di Klik Group masih berusia muda. Paling tua hanya sekira umur 38 ke atas. Darah muda itulah yang dikonversi teman-teman lewat karya. Sebagian lagi memanfaatkannya untuk menyalurkan idealisme karena latar belakang mereka rata-rata adalah aktivis di pelbagai bidang.

Bagi kami, Klik Bontang dan Klik Group hanya salah satu media online yang hadir dengan sajian berita berbeda dengan kebanyakan dan memanfaatkan ruang kosong yang ada di dunia media.

Klik Group hanya salah satu platform bisnis online yang beritanya memang gratis untuk dibaca dan dinikmati. Tapi teman-teman juga melahirkan unit lain untuk memberikan wadah kepada pecinta informasi dalam wujud fisik, yakni majalah bernama TIMUR. Di Kaltim tidak banyak majalah yang benar-benar berbobot dalam sajian berita maupun tampilannya, dan marketnya juga masih terbuka lebar.

Klik ini ibarat menyajikan makanan secara delivery service, bukan menyajikan makanan prasmanan. Artinya berita-berita yang kami sajikan langsung bisa diakses kepada pembaca dan itu gratis. (*)

Reporter : KLIKBONTANG.COM    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0