22 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Komisi III DPRD Kukar: Tangani Pariwisata, Bentuk Perusda


Komisi III DPRD Kukar: Tangani Pariwisata, Bentuk Perusda
Salahsatu pertunjukkan budaya di Erau, Tenggarong. (Foto: Ist)

KLIKTENGGARONG - Pariwisata di Kutai Kartanegara (Kukar), sejatinya lebih unggul dibanding daerah lain di Kalimantan Timur (Kaltim).

Selain dari faktor history dan culture, infrastruktur penunjangnya di Kota Raja juga cukup mumpuni. Sayangnya, pengembangan sektor ini terkesan lamban.

Komisi III DPRD Kukar, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk segera membentuk Perusahaan Daerah (Perusda) yang khusus menangani pariwisata.

Dengan begitu, Pemkab Kukar tak harus mengalokasikan anggaran untuk sektor pariwisata secara besar-besaran melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukar.

"Cukup Perusda kepariwisataan yang mengelola, sehingga bisa lebih fokus dan berorientasi bisnis," kata Ktua Komisi III DPRD Kukar, Salehudin.

Salehudin mengakui, presentasi kunjungan wisatawan ke Kukar semakin meningkat. Tapi, menurut Salehudin, perlu ditilik apakah tingkat kunjungan yang meningkat itu berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) atau tidak.

“Sementara biaya operasional yang dibutuhkan untuk menarik minat wisatawan seperti belanja pegawai itu dana dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD.),” ujarnya.

Dengan tren dana bagi hasil yang setiap tahun semakin menurun, jelas Salehuddin, hendaknya menjadi pemicu Pemkab Kukar dalam mencari solusi terbaik untuk peningkatan PAD dari sektor pariwisata.

Seperti dengan menggerakan Perusda yang sudah ada dan membentuk Perusda baru, yakni Perusda kepariwisataan.

"Potensi wisata di Kukar sangat besar. Jika dikelola secara profesional maka akan mendorong kemajuan pariwisata dan mampu mendongkrak pendapatan daerah," tutupnya. (*)

Reporter : Humas DPRD Kukar    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0